Sabtu, 02 September 2017

SEPUTAR MESIN LAS




Komponen mesin las inverter

        Hallo teman-teman saya akan menjelaskan sedikit pengetahuan saya tentang mesin las jenis inverter.








        Saya mencoba memberi ilmu saya ini karena saya memang ingin berbagi mengingat di daerah saya belum ada yang ada yg mau belajar, dan mungkin teman-teman ada yg membutuhkan referensi untuk
mendalami mesin las jenis hight frekwensi ini.














Ok langsung saja saya mulai aja ya biar gak lama- lama.


ToBAGIAN-BAGIAN MESIN LAS:
1.Diode bridge

    Diode ini berfungsi sebagai penyearah tegangan bolak-balik dari pln.Mempunyai kaki berjumlah kaki 4 biji .

2.Kapasitor

    kapasitor ini ada yg menyebutnya elko berfungsi sebagai filter tegangan dan penyimpan arus yg mana akan di keluarkan saat pengelasan berlangsung.tegangan pada kapsitor ini berkisar sekitar 300volt.

3.Relay



    Relay ini berfungsi sebagai kontak tegangan pln menuju ke diode dan kebanyakan mesin las dikendalikan oleh tegangan 24volt dari regulator.


4.Regulator



           Regulator ini termasuk jenis penurun tegangan dari 300volt menjadi 24 volt yg menjadi suplay tegangan driver, kipas dan relay . Rangkaian pwm juga di suplay oleh regulator ini tetapi belumnya di turunkan lagi oleh ic 7812.
5.Modul pwm





            Bagian ini termasuk kedalam bagian fital ibarat manusia ini adalah jantungnya. karena pwm yg mengeluarkan frekwensi gelombang kotak sekaligus sebagai kontrol feedback dan proteksi over current.
6.Driver




              Driver ini berfungsi sebagai penguat arus gelombang kotak dari ic sebesar 5 volt menjadi 25volt yg selanjutnya di distribusikan ke trafo osilator.

7. Driver gate mosfet



            Rangkaian ini berfungsi sebagai pembagi tegangan ke kaki gate mosfet yg mana sebelumnya tegangan di batasi oleh zener diode.

8.Mosfet




               Mosfet adalah transistor final menjadi penguat tegangan . bekerja layaknya sebuah sakelar hidup dan mati . akan tetapi karena begitu cepatnya hingga menghasilkan arus pada trafo final karena pengaruh medan magnet yg di timbulkannya. frekwensi kerja mosfet pada mesin las bisa mencapai 100khz , atau bahasa mudahnya 100ribu detak jantung perdetik.
    9.Transformator




                     Ada yg menyebutnya trafo ,ini berfungsi sebagai penurun tegangan sekitar 60 sampai 100volt. bentuknya gak sebesar trafo konvensional dengan keluaran arus dan tegangan yg sama. kenapa? karena semakin tinggi frekwensi kerja semakin kecil ukuran trafo dengan output yg sama besar.
    10. Penyarah (diode ultrafast)


             Penyearah ini berbentuk seperti mosfet tetapi biasanya terdapat pada heatsing bagian bawah berfungsi merubah tegangan bolak balik dari trafo menjadi searah.













              Dengan mengetahui komponen dan fungsi kerja part pada mesin las anda sekalian akan dapat dengan mudah menganalisa kerusakan 2 pada mesin las.

                Sekian dulu artikel dari saya kapan-kapan saya akan berbagi artikel lagi mengenai fungsi           komponen yg lebih detail lagi.

    Untuk kebutuhan sparepart mesin las anda bisa mengunjungi website di bawah ini.

    SPARE PART MESIN LAS DAN SERVIS

    atau juga bisa anda beli sparepart di  AKUN FACEBOOK ini

    Untuk referensi perbaikan  anda juga bisa lihat channel youtube kami.

    https://youtu.be/H28W08Ka-l8
    --CARA SERVIS PCB MESIN LAS YOUTUBE
    --Cara cepat mengganti diode yg rusak.
    --Mengetes mesin las tig tanpa argon

    178 komentar:

    1. Untuk kerusakan yg belum bisa anda tangani silahkan posting di kolom komentar.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Makasih ya gan atas infonya

        Hapus
      2. Makasih ya gan atas infonya

        Hapus
      3. Mas mesin las sy mati total apa nya ya mas. Setiap dipakai suplay listrik pake genset. Mksh

        Hapus
      4. Mas, sya mw tnya ni, persamaan mosfet fsa20n50 ap y, ssh skli d daerah sya ni cri mosfet ntu..
        Mhon pncrhn ny mas

        Hapus
      5. gan mesin las saya merk fsd mm120. tr mospet udah ganti dioda penyearah udah ganti.. tapi msh nyala lamp o,c nya..apa lagi yg bermasalah gan terima ksh sebelum nya.

        Hapus
      6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
      7. assalamu'alaikum mas....lakoni 450 watt pas hidup pertama normal...tapi pas ngelas kaya drop powernya mas...itu apane sing rusak? matur suwun trima kasih

        Hapus
      8. mosfet 4bji mati dah sy gnti dah mau hidup tp tegangan y melonjak tinggi banget,,tolong pencerahan y boz...🙏🙏🙏

        Hapus
      9. Mas klo tegangan 24 voltnya ndak ada itu penyebapnya dmna y kira2

        Hapus
    2. siip gan sangat membantu...........
      masih belajar soalnya.

      BalasHapus
    3. ditunggu postingan berikutnya yg membahas kerusakan serta cara penanganannya........

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama sama mas. Saya juga masih banyak kekurangannya.

        Hapus
    4. Insyaalloh mas klo ada waktu luang saya coba posting lagi.

      BalasHapus
    5. Aduh terimakasih udah mau berbagi ilmu nya bos ..saya sangat beruntung dapat postingan seperti ini ..karena di daerah saya sangat minim yg bisa servis mesin las

      BalasHapus
    6. sebenarnya belajar servis mesin las itu mudah. saya bisa mesin las murni dari google dan praktek langsung .

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mau nanya mesinlas bila dihidupin mati? Trus kalodicopot copnya jarah 10 detik hidup lg itu apanya yg rusak

        Hapus
      2. maaf mau nanya, sya puya mesin las 120MA (baru)merk rhino, tapi api kecil walaupun potensio di setel poll di angka 120. (api seperti di setelan 60 padahal udah di putar poll di angka 120) mohon solusinya.

        Hapus
      3. Mas..kalau dipakai 10 menit mesin las listrik nya balik..apa penyebabnya ????

        Hapus
    7. Kalau buat ngelas lengket dan busur apinya kecil apanya ya kang,?teg out 50v,merek Blue Dholpine 110

      BalasHapus
    8. Ada kemungkinan igbt setengah mati. Atau driver nya pincang.

      BalasHapus
    9. Terimakasih,Maturnuwun telah berbagi..

      BalasHapus
    10. Mangstav Mas, thx ilmunya - sangat bermanfaat, kalo Ada waktu di posting urutan analisanya Mas, saya sering bingung kalo ngadepin lgsg ke object nya - SMPS mmg unik hihihi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf baru bisa balas karena banyak kerjaan. Trimaksih sudah mampir kapan klo sudah ada luang waktu tak buat lagi.

        Hapus
    11. Saya ada dua service las yg satu dak keluar api sama sekali driver udah saya ganti termasuk ic ka 2535 tapi tetap sama......dan yg satunya bisa untuk las tapi cuman sebentar kemudian alarm .kira" apanya ya .trim sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf slow respon . Oc kebanyakan kerusakan di bagian fet final.

        Hapus
    12. Mas .. Kalo mesin esab (et 1600 )
      selalu protek,... Hidup bentar mati..., kalo di buat ngelas.., bisa ga mati kemarin saya coba lagi .ic regulator meletus.. TOP244pn, sudah saya beli kan.. Saya pasang tapi tetep ga bisa on...,kira kira apa nya ya gan...,, dan daya untuk relay tidak ada., apa yang perlu di cek gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Masih seputar regulator. Coba di teliti lagi .

        Hapus
    13. Saya punya mesin las hidupkan 10 detik blum di apa apa kan langsung mati itu apa nya ya gan???mohon pencerahan nya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya juga pernah dapt sperti itu.
        Masalah ny di kotah hitam di bagian power suply input nya

        Hapus
      2. Bisa jadi relay blum kerja atau regulator mati.

        Hapus
      3. Mas gimana jika saklar travo nya hidup tpi mesinnya ga idup kipasnya ga berputar untuk mesin kentaro

        Hapus
    14. Saya mengalami mesin las inverter 200A
      Hidup normal dan lampu O.C tidak menyalah.
      Tetapi frekunsi ke trafo tidak mau kluar
      Sudah cek tegangan 12v dari ic regulator nya normal.
      Tapi tidak ada tegangan out put.
      Dan frekuensiny nol

      Kira masalah dmna yaaa.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apakah driver mosfet normal. Klo iya berarti output ic pwm 0 volt atau blum kerja. Kerusakan berada di bagian modul pwm.

        Hapus
    15. Apa seperti power mobil mas...yang sudah ada inverternya..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sistem kerjanya sama cuma beda komponen dan circuit.

        Hapus
    16. Gan maaf ni ganggu waktunya,travo las merk daeden punya saya kompnen R2nya meletok ampe gosong tu...penyebabnya apa ya gan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. klo komponen sampai terbakar berarti ada bagian yg short.

        Hapus
    17. Kalau mesin las punyaku hidup normal tapi pada saat mau di pake ngelas langsung protek,kira2 masalahnya dia mana ya,trus saya ukur tegangan outpunya hanya 16 volt..penyebabnya di mana yaa..?

      BalasHapus
      Balasan
      1. ada kemungkinan driver pincang atau feedback tidak bekerja sehingga saat dipakai ngelas system proteknya bekerja.

        Hapus
    18. maaf gan artikel untuk gambarnya gak muncul..
      newbi, saya punya mesin las 2 dengan type sama
      1. rusak satunya lagi baru rusak, hidup normal pas buat ngelas langsung protex, saya awam masalah ini, menurut agan kalau saya ganti 1 set board kira2 yang mana harus diganti..
      terimah kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk kerusakan bisa terjadi di part mana saja. Kita harus paham system kerja mesin agar tahu permasalannya.
        Klo anda punya masalah yg belum teratasi bisa kirim ke tempat kami. Wa 085100199808.

        Hapus
    19. mas,kalau apinya kurang besar kira2 apanya mas,sedangkan voltage 50volt.trima kasih atas jwabnya,masih belajar mas.

      BalasHapus
    20. Potensio gk normal bisa jadi masalahnya.

      BalasHapus
    21. Pagi mas,mau tanya,maxtron mma200 jebol dioda d92-02 ,setelah las di ampere 90 keatas.setelah ganti d92-02,di tes las dgan ampere 90,jebol lgi d92-02,mohon di bantu,terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sekalian tanya,jika dioda d92 02 jebol 1 penyebabnya apa,jika dioda kita lepas aja yg jebol bisa ga buat ngelas

        Hapus
    22. Maaf ganggu las lakoni 160e api nya gak mau besar apanya bos

      BalasHapus
    23. Maaf mas ijin nanya..apakah IGBT bisa diganti mosfet mas..untuk travo las inverter

      BalasHapus
    24. Ciri2 mosfet yang mo rusak/trouble biasanya ditandai dengan gejala apa mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. sulit sekali mendeteksi mosfet yg mau rusak kecuali bener2 rusak. banyak artikel yg menjelaskan cara mengetes mosfet.

        Hapus
    25. Sy punya mesin las h&l 450watt, litrik rumah 900watt, ketika sedang digunakan tiba-tiba mesin mati sendiri kira-kira 10 detik mati trus hidup sendiri kira-kira 20 detik trus mati lagi gitu aja seterusnya. Kondisi mesin las baru beli. Minta solusinya gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. belum bisa di analisa klo gk cek langsung pada Mesinnya

        Hapus
    26. Sy punya mesin las h&l 450watt, litrik rumah 900watt, ketika sedang digunakan tiba-tiba mesin mati sendiri kira-kira 10 detik mati trus hidup sendiri kira-kira 20 detik trus mati lagi gitu aja seterusnya. Kondisi mesin las baru beli. Minta solusinya gan

      BalasHapus
    27. Mohon pencerahan mas .power suplai mesin las saya relay nya tidak nyala padahal tegangan kluaran 300 vol

      BalasHapus
      Balasan
      1. relay bekerja setelah tegangan 24 v ada. klo tegangan tersebut belum ada berarti regulator bermasalah.

        Hapus
    28. Mas... Lakoni pwm mati, saya ganti gacun ok.. Teg 24 ok..
      Tapi teg 12v tdk kluar.. Sudah ganti ic 7812 ttp aja tdk kluar...
      Teg pada potensio juga cuman 2volt..

      BalasHapus
    29. Maaf mas saya mau tanya trafo las merk fisch selalu rusak tr 40n60fd nya dan tegsngan output naik jadi 110vdc
      Mohon bantuannya mas suhu

      BalasHapus
      Balasan
      1. biasa nys masalah ada di driver atau pwm pincang.

        Hapus
    30. Mas saya ada mesin las merk weldcraft 200A tapi travo finalnya rusak satu beli di daerah saya ga ada yg jual sparepart jenis itu sebenernya di jual ga sih mas?.

      BalasHapus
      Balasan
      1. di lihat dulu datanya di travonya. baru bisa searching google atau online shoop. seperti bukalapak atau tokopedia.

        Hapus
      2. Terimakasih mas travonya sudah dapat 21:4

        Hapus
    31. Salam...
      Pak, saya punya trafo las merek lakoni, kalo dihidupkan dia nyala, tapi apinya kecil, dan aku ukur tegangan outputnya 60v, dan saya coba ganti potensi hasilnya tetap... Kira-kira dimananya itu permasalahannya pak....?
      Terimakasih.

      BalasHapus
    32. Salam...
      Pak, saya punya trafo las merek lakoni, kalo dihidupkan dia nyala, tapi apinya kecil, dan aku ukur tegangan outputnya 60v, dan saya coba ganti potensi hasilnya tetap... Kira-kira dimananya itu permasalahannya pak....?
      Terimakasih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. coba ganti dengan kontrol yg lain( klo ada stok.) klo normal berarti masalah ada di kontrol

        Hapus
    33. Mau tanya gan di situ melayani penjualan sparepartnya apa tidak?.

      BalasHapus
      Balasan
      1. silahkan anda cari lapak saya di bukalapak. namanya Ase_eL_shoop.
        ada beberapa part yg tersedia di sana.

        Hapus
    34. Mau nanya mas, mesin lakoni 120e mosfet sering meledak, diganti baru meletus lagi. Kira - kira penyebabnya apa mas. Mohon dibantu, soalnya didaerah saya agak sulit beli sparepare. Terima kasih, salam

      BalasHapus
      Balasan
      1. Cek pin pada mosfet tsb terutama pin gate'nya.

        Hapus
      2. Makasih mas atas responnya, akan saya cek dulu. Moga blog ini makin jaya, salam

        Hapus
      3. meledaknya MOSFET bisa disebabkan.pwm pincang . jadi kerja mosfet tidak normal.

        Hapus
    35. Maaf master nanya fsa20n50 20n120fda

      BalasHapus
    36. Maaf maksudnya bisa gak fsa20n50 di ganti 20n120fda

      BalasHapus
    37. Mas mau nanya lagi neh.
      Mosfet 16N50E boleh diganti dengan mosfet K2698 ga, soalnya didaerah saya ga jual seri mosfet itu.
      Mohon bantuannya ya mas, makasih sebelumnya 🙏

      BalasHapus
    38. Oke sip, kita punya beberapa mesin yang sama merk tapi mosfetnya beda². Makasih mas atas bantuannya. 🙏

      BalasHapus
    39. salam kenal...... mo nanya mas saya pernah dapet kasus mesin las rhino... dengan keluhan mati.... setelah saya periksa.. ternyata regulator 24v nya gak keluar arus... kemudian coba cek ternyata tr c8050 mati lalu ganti baru hidup... normal... tp pas dihidupkan untuk ngelas tiba tiba elko pada meletus efek dari 24v naik menjadi 100v.... kira kira apa penyebab naiknya tegangan 24 v itu ya mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. berarti daerah yg anda perbaiki itu belum betul. coba di cek lagi satu persatu

        Hapus
    40. Mas maw tanya... mesin las saya lakoni 120e.. kipas nyala tp gak kluar api.. trus saya coba cek frnkuensinya tak ada sama sekali.. terus saya cek lagi bagian drever 24v nglonjak jd 50v.. kira2 apanya mas.. mohon bantuanya.... trimakasih....

      BalasHapus
    41. Mau tanya gan kalau msn las rhino buat ngelas langsung protek kira2 apa nya ...trima kasih

      BalasHapus
    42. Gan ada jual pwm yg agan taruh di profil.pwm fujiyama 850w

      BalasHapus
    43. Bg sy ada mesin las rhino 450 what, tegangan 24 v gk normal buat ngelas lampu oc langsung nyala tegangan 300 vol nya cm 260 an gt kira2 apanya ya bg?

      BalasHapus
    44. mas kalo soket yang menuju riley / sofstar di cabut oc tidak nyala dan jika dihubungkN oc nyala
      mesin las rilon mas

      BalasHapus
    45. Ms mesin las rhino 900watt hidup tp api kecil .bgian dn komponen apa yg rusak ea.mohon pencerahanya

      BalasHapus
    46. Msn las lakoni kipas putar sebentar lalu gak mau mutar lagi.masalahnya apa ya

      BalasHapus
    47. Msn las lakoni kipas putar sebentar lalu gak mau mutar lagi.masalahnya apa ya

      BalasHapus
    48. Msn las lakoni kipas putar sebentar lalu gak mau mutar lagi.masalahnya apa ya

      BalasHapus
    49. Msn las lakoni kipas putar sebentar lalu gak mau mutar lagi.masalahnya apa ya

      BalasHapus
    50. Inverter las mati total kipas gak hidup gimana cara pengecekan

      BalasHapus
    51. Asalamu alaikum,mohon bimbinganya,mesin las lakoni kipas berputar,tapi tegangan outnya ga keluar.yang perlu dicek apanya?

      BalasHapus
    52. Asalamu alaikum,mohon bimbinganya,mesin las lakoni kipas berputar,tapi tegangan outnya ga keluar.yang perlu dicek apanya?

      BalasHapus
    53. Asalamu alaikum,mohon bimbinganya,mesin las lakoni kipas berputar,tapi tegangan outnya ga keluar.yang perlu dicek apanya?

      BalasHapus
    54. Mas mesin las sy mati total apa nya ya mas. Setiap dipakai suplay listrik pake genset. Mksh

      BalasHapus
    55. Mas mesin las merk maestro nyala cuman output kecil 18 aja ada solusi?

      BalasHapus
    56. Kalo mau beli regulator kyk gitu dimna yah?
      Thanks

      BalasHapus
    57. Ass. Alaikum

      Mas. Mesin las merek pro quik nyetrum. Apa penyebabnya. Terima kasih

      BalasHapus
    58. mas ..lakoni 120 e,.saklar on of nyala,,kipas mati mesin mayi/lampu indikator hijau mati ,, ,ganti resistor yg 2.2ohm msh blm nyala,,kira" apanya mas,,

      BalasHapus
    59. mas mau tanya lakoni 900w resistor yg dari kapaditor menuju pwm ukurannya berapa ya,?

      BalasHapus
    60. Aslmkum slmat sore,?
      Mas saya punya inverter rhino 125 awal mulo regulator matot sekarang sdh ada teg 15v dan teg 12v dr (7812) saya cek dr teg ke potensio ada 5v-9v dan tiap" kaki mosfet ada teg 3v ke Gate dan Sourh yg sebelah ada tegangannya dan yg sebelahnya lagi teg nol(0) trs yg perlu di cek lagi bagian mana?

      BalasHapus
    61. Assallamualaikum selamat sore
      Mas, Saya punya mesin las Buddy Arc 200 kondisinya hidupnya hanya 40 second dan ketika powernya dimatikan dalam waktu 25 second hidup kembali setelah powernya di offkan mohon pencerahannya mas

      BalasHapus
    62. Maf mas mau naya saya puya travo 160 rino pwm baru semua normal tetapi nga keluar tegangan ke travo bawah makasih sebelumya

      BalasHapus
      Balasan
      1. mungkin ada jalur yg belum nyambung atau masih ada kerusakan di sekitar pwm (di luar yg anda ganti)

        Hapus
    63. Maf mas mau naya saya puya travo 160 rino pwm baru semua normal tetapi nga keluar tegangan ke travo bawah makasih sebelumya

      BalasHapus
    64. Mas numpang tanya kalau bagian regulator rusak bisa ganti dengan gacun bagaimana menentukan kaki pada travo regulator yg harus sy hubungkan ke kabel gacun yg warna merah.

      BalasHapus

    65. maaf mau nanya, sya puya mesin las 120MA (baru)merk rhino, tapi api kecil walaupun potensio di setel poll di angka 120. (api seperti di setelan 60 padahal udah di putar poll di angka 120) mohon solusinya.

      BalasHapus
    66. Bisa pesan trafo 24v mesin las merk rhino

      BalasHapus
    67. Mas saya mau tanya saya punya mesin las mrek lakoni 120e hidup tapi begitu dibuat ngelas kipas langsung pelan dan tidak kencang lagi .mau ngelas sebentar lalu mesin ngelasnya gak ada keluar tenganggan dan 10 samapai 20 detik tak hidup kan kipasnya nyala kenceng habis itu tak buat ngelas lagi bisa sebentar lalu egak mau keluar lagi . Kira kira saya harus cek apanya ya mas? Mohon bantu??? Apa yang perlu saya cek mas ?

      BalasHapus
    68. Assalammualaikum mas,saya ipan ,mesin las saya lakoni 200e inverter ,api lasny kecil skali kayak korek,mosfet bagus ,oc gk nyala,led nyala,power suplay bagus ,potensio udah ganti baru ...tp kok klw sya las api kecil kali,da n lampu ocilatorny berkedip-kedip klw sya coba las las..?? Mohon mas pencerahanny ...makasih...

      BalasHapus
    69. mas....klo mesin las lakoni 120e mosfet mati 2(tipe toshiba K4107 E 142 di ganti yg mati aja pakai tipe lain bisa ga?

      BalasHapus
    70. Mas mohon pencerahannya, mesin saya setiap saya nyalakan resistor 10 Watt 100ohm mesti jebol, kira " apanya ya..
      Terima kasih

      BalasHapus
    71. Mas maaf nyuwun ilmu kalau setelah di ganti ic top244yn .inventer las nyala tapi kok mati hidup ya lampu hijau kedip" relauly juga cetek dan kipas juga ikutan .apa yank perlu di ganti ya mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. ada kerusakan dibagian lain. yg menyebabkan tegangan over. sehingga ic protek.

        Hapus
    72. mau nanya mas las sy merk hyundai output amper nya besar terus ndak mau di kecilin dan sklar saya onkan biasanya indikator led di pwm itu nyala endak.karna punyaku ndak nyala

      BalasHapus
      Balasan
      1. kerusakan di bagian pengatur arus. untuk mesin ini saya belum pernah pegang.

        Hapus
    73. mas saya punya mesin las enka lampu Oc nya nyala trus
      kira2 modul pwm nya yg rusak
      gmna cara pesan nya y
      mirip sekali ma yg di gambar

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa pesen via email. di sertai kirim foto mesin. puwaputra@ gmail.com

        Hapus
    74. mas mau tanya,mesin las merk daesung MMA200 mati total kira'' apa nya ya,,,tks

      BalasHapus
      Balasan
      1. power mati atau igbt jebol bisa jadi penyebabnya

        Hapus
    75. Balasan
      1. ganti sesuai spek aja. saya punya cabutan banyak klo minat

        Hapus
    76. Bro saya punya masalah dengan mosfet 40n60 karena tidak ada di tempat saya Mak saya ganti dengan 50n60. Tegannyan 70V, kalo ngelas dengan ampere 20 tidak ada masalah tapi saat ampere di naikkan fet 50n60 jebol lagi. Mohon petunjuknya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. jangan2 igbt anda ganti mosfet. rawan jebol lagi.

        Hapus
    77. Resistor 22 ohm selalu meledak apa penyebabnya ya mas....

      BalasHapus
    78. resistor yg di mana itu maksudnya. sertakan merk mesinnya.

      BalasHapus
    79. Malam agan2 mau nanya las rhino 125 fet ok psu ok irf driver 4 biji baru ganti, tegangan pwm tdk normal ic pwm sdh ane ganti baru, kira2 apanya ya, soalnya output api tdk ada. Terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. pastikan dulu teg 300vdc ada. setelah itu pastikan juga out pwm keluar.

        Hapus
    80. Selamat siang,, gan kl reelaynya tidak berfungsi kira2 yg hrs diganti apanya , Tr nya C nya, R nya atau apanya gan,, ketika Ac masuk R nya panas. Tks

      BalasHapus
    81. Sore bossq q punya las lampu pwm g hidup rsistor 500k putus sdh saya ganti tetep g bangun mohon bantuanya boss

      BalasHapus
    82. Sore bossq q punya las lampu pwm g hidup rsistor 500k putus sdh saya ganti tetep g bangun mohon bantuanya boss

      BalasHapus
    83. Bos,rino biru punyaku apine gede trus,kalo potensio dicopot apine kecil.itu rusak apane y

      BalasHapus
    84. Mau tanya nih bro...tr tgan15n120nd..itu dimana belinya

      BalasHapus
    85. Mas jika 24v ny naik turun cek dibagian mana y,klo tegangan 24v naik relay ikut putus nanti beberapa menit dinyalakan normal lg nanti begitu lg sampai relay bunyi klik klak klik klak terus

      BalasHapus
    86. Ass..Mas mau nanya,lakoni 205e tidak keluar teg.300v nya jalur itu kan yg menghidupkan relay,kipas.mohon pencerahannya terima kasih sukses selalu..

      BalasHapus
    87. Mas saya punya travo las tegangan 220/400 Volt 260A, klo di pakai kawat las 4 mm apinya kecil bgt mas, potensio udh mentok 260, kira2 apanya mas, mkasih sbelumnya 🙏

      BalasHapus
    88. Gan mesin las MMA120 merk TITAN.nyala tpi ketika tuk ngelass -+ 2menit lngsung mati.didiamkn 5 menit hidup trus mati lagi.bagian manakh kiranya..

      BalasHapus
    89. Bos mesin las lakoni 120e lampu hijo kedip2 kipas mati konponen yang mana kira2 yang rusak?

      BalasHapus
    90. Mohon petunjuk...persamaan mosfet FSA20N50 bos....???

      BalasHapus
    91. Mau tanya mas, saya ounya mesin las lakoni falkon 120e mosfet k3878 di pwmnya jebol terus mohon pencerahan terimakasih

      BalasHapus
    92. Ketika mesin dipasang ke listrik,tapi tidak mau menyala.apa yang salah pada mesin las DC INVERTER tersebut

      BalasHapus
    93. Maaf bos klo ganti relay songle 24 volt ganti yg lain..... Kira" pke apa ya, soal'y saya nyari relay tu susah...... Mksh.....

      BalasHapus
    94. Mas sy punya mesin lakoni 123ix,penyakit awal igbt jebol dan ud di ganti dgn r yg dekat igbt jg short...sehabis ganti komponen yg rusak v igbt kok gk imbang y yg kiri 60vac sedangkan sebelah ny cuma 0.15vac

      BalasHapus
    95. Lakoni 120e mosfet 16n50 diganti k4107 sebagian bisa

      BalasHapus
    96. Kalo punyaku elcho nya yg 10 micro 400 volt meledak sudah saya ganti meledak lagi kira2 aanys ya

      BalasHapus
    97. Teg 24 buat relay ada.teg ke driver ada.tapai lampu led tidak nyala .hanya berkedip 1 kali awal on.solusi gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. lampu yg anda maksud itu mungkin lampu indikator oc. biasanya nyala sekejap saat awal hidup.

        Hapus
    98. Maaf mas mohon pencerahan nya, kalo mosfet k4107 diganti dengan igbt40n60 apakah bisa?
      Mohon penjelasan nya mas, terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. k4107 adalah mosfet jadi gk bisa di ganti dengan igbt.

        Hapus
    99. Mas, sy mau tanya, lakoni 120e dipake nglas sbntar apinya hilang dan kipas jd pelan, lampu hijau kedip2, masalahnya dimana ya?
      Klo kontak relay dijamper, apa ada efeknya?
      Trimakasih mas, smoga sukses slalu dlm karirnya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. menjumper relay akan membuat meteran trip di awal mesin dihidupkan . selebihnya tidak ada masalah.

        Hapus
      2. Mas minta solusinya saya punya mesin las merk smart series 450watt lampu saklar nyala kipasa 24volt nyala tapi outputnya ngga ada tegangan kira kira apanya.

        Hapus
    100. Mas minta solusinya saya punya mesin las merk smart series 450watt lampu saklar nyala kipasa 24volt nyala tapi outputnya ngga ada tegangan kira kira apanya.

      BalasHapus
    101. Assalamu alaikum saya mau nanya ter kalu lampu depan berkedip2 relay juga ikut cetak cetuk kalau dinyalain yang bermasalah apanya master. Terima kasih

      BalasHapus
    102. Mas saya mau tanya saya punya las esab ebuddy 200,kalo buat ngelas putus putus gak bisa stabil apanya ya mas? Terimakasih kasih sebelumnya SMG sukses selalu

      BalasHapus
    103. Mas mau tanya, saya minta skema relay mesin las lakoni 200a seperti yang ada di gambar itu. Punya saya dioda zener pada pecah dan tidak tahu berapa volt. Mohon balas ya

      BalasHapus
    104. Gus. Mesin las sy nk 250amp. Rusak mosfet nya. G60 N100. Biar lebih awet . Bisakah sy ganti mosfet nya. Dengan G60 N120. Apa kah bisa. Mohon petunjuk.

      BalasHapus
    105. Mesin las wim IE161 .. tidak keluar tegangan/tidak misa nhelas. Saya buka, Milar meledak dan sudah saya ganti tapi masih ga bisa. Kipas jalan dan lampu power menyala

      BalasHapus
    106. Master maunanya mesinlas maxstron 160a nyala normal tapi tidak keluar api

      BalasHapus